Kemenperin Siap Galakkan Program Koperasi Pondok Pesantren

Comments 30 Views Views


Kemenperin Siap Galakkan Program Koperasi Pondok Pesantren

SIPerubahan - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menerangkan, kementerian perindustrian saat ini tengah menggalakkan program koperasi pondok pesantren (Kopontren) di setiap pondok pesantren seluruh wilayah Indonesia.

Hal itu diungkapkan Airlangga saat berkunjung di kediaman KH Maimoen Zubair, di pondok Pesantren Al-Anwar Desa Karangmangu Kecamatan Sarang, Rembang, Senin (04/06/2018) malam.

Airlangga menyebutkan, program kopontren sendiri sejatinya telah digalakkan sejak lama. Bahkan sudah populer pada saat Almarhum ayahnya, yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian era tahun 1983 sampai 1993 silam. Namun program tersebut sempat vakum hingga kini.

Airlangga datang ditemani Wakil Ketua Komisi VI DPR Dito Ganinduto, Wakil Ketua Komisi IV DPR Roem Kono, dan Wakil Ketua bidang Penggalangan Khusus Rizal Mallarengeng.

Kedatangan rombongan Airlangga disambut semarak. Grup marching band dari Pondok Pesantren Al-Anwar memainkan lagu selamat datang untuk Airlangga. Para santri pun berjejer menaymbutnya. Mbah Moen, sapaan KH Maimoen Zubair, bersama para kiai lain menunggu di pelataran Pondok Pesantren.

Airlangga menyalami Mbah Moen dengan penuh penghormatan. Mbah Moen kemudian mengajak Airlangga dan tamu undangan masuk ke kediamannya. Di sana, mereka mengobrol ringan serta santai. Suasananya pun sangat akrab.

Sekitar 10 menit kemudian, Mbah Moen mengajak Airlangga keluar untuk bersilaturahmi dengan para santri. Acara dengan para santri ini dimulai dengan penuh rasa nasionalisme, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu grup marching band. Mbah Moen dan Airlangga bernyanyi dengan khidmat.

Dalam kata sambutannya, Mbah Moen mengaku sangat senang dengan kunjungan Airlangga dan rombongan ke Pondok Pesantrennya. "Saya sangat bergembira atas kunjungan ke Pondok ini," tutur sesepuh PPP tersebut.

Mbah Moen kemudian menceritakan tentang sejarah pendirian pondok itu pada 1969 dan perkembangannya hingga saat ini. Dari jumlah santrinya hanya beberapa orang, kini sudah mencapai 9.000-an. Saat ini, pihaknya tidak hanya punya pondok salafiyah, tapi juga perguruan tinggi yang terletak di Al-Anwar 3. Kini, Mbah Moen tengah merencanakan mendirikan Al-Anwar 4.

Untuk penyambutan, Mbah Moen memohon dimaklum jika jumlah santri tidak banyak. Sebab, sebagian besar santri sudah pulang kampung sejak 17 Ramadan kemarin.

Selanjutnya dalam kata sambutannya, Airlangga menyampaikan salam Presiden Jokowi untuk Mbah Moen dan para santri. Dia juga menyebutkan  Presiden Jokowi telah mendorong para anggota kabinet untuk membantu kegiatan di pesantren.

Dan, di akhir acara, Airlangga memberikan bantuan berupa satu unit mesin pengolahan sampah. Lalu acara ditutup dengan buka puasa bersama.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus