Pemerintah Siapkan Sumut Sebagai Benteng Ekonomi

Comments 23 Views Views


Pemerintah Siapkan Sumut Sebagai Benteng Ekonomi

SIPerubahan – Pemerintah terus meningkatkan dan mengembangkan pembangunan infrastruktur di Sumatera Utara. Hal ini ditujukan untuk menjadikan wilayah ini sebagai benteng ekonomi Selat Malaka.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya dalam ‘Dialog Nasional Indonesia Maju’ di Medan, Kamis (05/07/2018). Budi mengatakan, pembangunan tersebut tak lepas dari upaya menyejahterakan masyarakat Sumut.

"Ini merupakan bagian dari membangun infrastruktur transportasi yang Indonesia sentris," ujarnya.

Budi Karya memaparkan, beberapa bandara dan pelabuhan akan ditingkatkan kapasitasnya oleh Kemenhub, seperti Bandara Kualanamu yang ditargetkan ke depan bisa menampung penumpang sebanyak 17 juta per tahun.

Selanjutnya, Bandara Silangit sebagai pembuka konektivitas Danau Toba kapasitasnya akan dinaikkan menjadi 50 ribu penumpang setiap tahunnya. Meski begitu, harus dilakukan pembangunan dengan perpanjangan runway dari 1.200 meter X 30 meter menjadi 1.700 meter X 30 meter.

"Pelabuhan dan jalur kereta juga akan kita kembangkan. Seperti Kuala Tanjung kita akan tingkatkan kapasitasnya menjadi 700 ribu Teus per tahun," jelas Budi.

Tak hanya itu, Kementerian Perhubungan juga tengah melakukan pembangunan jalur kereta Bandar Tinggi-Kuala Tanjung akan segera terealisasi sebagai pembuka akses ekonomi dan mobilitas.

Selain itu juga KA Layang Medan-Bandar Khalipah sebagai akses mobilitas dan mengurai kepadatan. "Jalur KA Binjai-Besitang salah satu akses mobilitas ekonomi menuju Aceh Sepanjang 78,4 kilometer,” kata Budi Karya menutup pembicaraan.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus