Proyek KA Bandartinggi-Kualatanjung Dorong Ekonomi Sumut

Comments 17 Views Views


Proyek KA Bandartinggi-Kualatanjung Dorong Ekonomi Sumut

SIPerubahan - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, proyek pembangunan rel kereta api (KA) Bandartinggi-Kualatanjung, Batubara, Sumatera Utara, rampung di bulan Juli 2018.

"Operasional rel itu akan mendorong perekonomian Sumut (Sumatera Utara) karena angkutan barang semakin lancar," tutur Menhub Budi Karya di Medan, belum lama ini.

Untuk diketahui, pemerintah memang sedang dan terus mempercepat pembangunan infrastruktur, khususnya kawasan terpadu industri, pelabuhan, dan kereta api. Langkah itu dilakukan untuk terciptanya pelayanan jasa terpadu yang membuat semua layanan menjadi cepat serta biaya menjadi lebih murah dan efisien.

Sementara itu, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara Amana Gappa optimistis bisa menyelesaikan proyek rel sepanjang 21,5 kilometer itu pada Juli tahun ini. Dia menyebutkan, proyek itu meliputi pembangunan jalur, stasiun, dan persinyalan.

"Untuk sisi jalur, saat ini progres pembangunan sudah mencapai 90 persen sehingga optimistis dapat dioperasikan tahun ini juga," ujarnya menambahkan.

Sementara itu Vice President PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara Rusi Haryono mengungkapkan, pihaknya siap mengoperasikan angkutan barang bila rel tersebut rampung.

Untuk tahap awal, menurut Rusi, PT KAI sudah melakukan kerja sama dengan PT Wilmar. Tahap awal, intensitas kendaraan pengangkutan dua kali sehari dengan empat gerbong.

"Potensi angkutan kereta api memiliki potensi besar, khususnya dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke dan Pelabuhan Kualatanjung," tandasnya.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus