Wirausaha, Terobosan Baru Ekonomi Dunia

Comments 24 Views Views


Wirausaha, Terobosan Baru Ekonomi Dunia

SIPerubahan - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah wirausaha di Indonesia baru berkisar tiga persen dari jumlah penduduk. Jika dibandingkan negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan Jepang, angka mereka jauh lebih besar. Malaysia dengan 5%, Singapura 7%, dan Jepang 11%. Padahal, enterpreneurship atau dunia kewirausahaan dinilai bisa menjadi salah satu penggerak ekonomi dunia.

Menurut Komite Ekonomi dan Industri Nasional, kewirausahaan yang berbasis ekonomi kreatif menyimpan potensi besar untuk menjadi salah satu sektor penggerak ekonomi nasional yang dapat membantu mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, dan makmur sesuai dengan visi pembangunan Indonesia 2025.

Munculnya perusahaan-perusahaan rintisan atau startup yang kini semakin marak juga menjadi bukti bahwa generasi muda Indonesia sudah bergeliat untuk mulai berwirausaha. Apalagi, merajuk dari data Pertumbuhan pengguna internet memicu tumbuhnya pelaku startup atau usaha pemula yang berbasis internet. Pada 2016 tercatat ada 132,7 juta orang dari 262 juta penduduk Indonesia. Jumlah ini naik menjadi 143,26 juta pengguna internet pada 2017.

Banyak ide kreatif lahir dari orisinilitas dan keuletan para pelaku industri kreatif. Hal yang menarik adalah dipelopori dan dikerjakan oleh anak-anak muda. Untuk itu, kini pola pikir anak muda Indonesia haruslah berubah dari konsumen menjadi produsen. Anak muda Indonesia harus mulai berani untuk keluar dari zona nyaman dan memulai usaha sendiri.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus