Pemerintah Ingatkan Penguatan Ketahanan Ekonomi Domestik!

Comments 21 Views Views


Pemerintah Ingatkan Penguatan Ketahanan Ekonomi Domestik!

SIPerubahan - Presiden Joko Widodo memberikan arahan pentingnya upaya memperkuat cadangan devisa agar ketahanan ekonomi Indonesia semakin kuat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menyampaikan kata pengantar dalam rapat terbatas soal strategi kebijakan memperkuat cadangan devisa di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/08/2018) yang dihadiri oleh sejumlah pejabat negara sektor ekonomi.

Rapat terbatas kali ini merupakan lanjutan dari rapat sebelumnya yang membahas tentang topik yang sama yang digelar beberapa waktu yang lalu.

"Memperkuat cadangan devisa merupakan hal yang sangat penting yang harus kita lakukan agar ketahanan ekonomi kita semakin kuat terutama dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global termasuk dampak yang terakhir terjadi perekonomian di Turki," tutur Presiden.

Presiden mengatakan, pemerintah harus menjaga stabilitas nilai tukar rupiah pada nilai yang wajar, inflasi yang rendah serta defisit transaksi berjalan yang aman. "Kalau saya lihat dari sisi fiskal sekarang ini kita, saya kira Menteri Keuangan telah memanage, mengelola dengan kehati-hatian sangat, defisit APBN kita 2,12 persen dan tahun depan sudah turun di bawah 2 persen," ujarnya.

Presiden juga kembali mengingatkan mengenai anggaran belanja modal yang harus diperbesar terus. Menurut Jokowi, dari sisi moneter, pengelolaan oleh Bank Indonesia sudah sangat hati-hati dan prudent. Ia menuturkan rasio kecukupan modal (CAR) perbankan di Indonesia juga sangat kuat yang berada di level sekitar 22 persen. Kondisi seperti itu patut dijaga.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus