Lapindo Brantas Dukung Komunitas Anak Muda Kreatif untuk Program Pemberdaya

Comments 30 Views Views


Lapindo Brantas Dukung Komunitas Anak Muda Kreatif untuk Program Pemberdaya

SIPerubahan - Lapindo Brantas Inc., perusahaan kontraktor pengeboran minyak dan gas bumi mendukung inisiatif sejumlah komunitas kreatif kekinian yang dijalankan oleh anak muda dalam upaya pembangunan sosial ekonomi warga. Hal tersebut terlihat dari kesepakatan kerja sama antara Lapindo Brantas dengan Sidoarjo Positif, komunitas pemuda yang aktif mempromosikan pelatihan dan optimisme warga Sidoarjo.

Arief Setyo Widodo, selaku Public Relation Manager Lapindo Brantas Inc (LBI) menuturkan, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga di tempat Lapindo beraktivitas sekaligus ikut mendukung partisipasi positif anak-anak muda setempat secara produktif.

Menurut Arief, Komunitas Sidoarjo Positif dipilih oleh Lapindo Brantas karena meski baru berdiri, namun komunitas ini memiliki platform yang menarik dan sesuai dengan semangat anak muda saat ini, yakni media sosial dan pemberdayaan sosial-ekonomi.

"Kami mengikuti sejumlah acara kegiatan Komunitas Sidoarjo Positif yang sangat baik mengombinasikan gerakan dan konten positif di media sosial serta agenda-agenda sosial pemberdayaan dan pelatihan untuk warga, khususnya anak muda, pelajar, dan perempuan", ujar Arief.

Sebagai awal, kegiatan Komunitas Sidoarjo Positif yang didukung langsung adalah pelatihan yang ditujukan untuk para ibu di sejumlah desa, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, yang merupakan tempat eksplorasi kilang gas bumi SKK Migas oleh Lapindo Brantas.

Serial pelatihan berjudul 'Membuat Variasi Kue Lebaran dan Teknik Pemasaran Produk Melalui Smartphone’ ini dilaksanakan oleh Komunitas Sidoarjo Positif di empat desa, yakni Desa Kalidawir, Desa Kedungbanteng, Desa Banjarsari, dan Desa Panatarsewu. Pelatihan tersebut diagendakan selama bulan puasa sejak 27 Mei hingga 3 Juni 2018.

"Mudah-mudahan kegiatan komunitas seperti ini bermanfaat buat warga desa, khususnya anak muda dan para ibu, serta bisa menambah ilmu sekaligus mengikuti tren bisnis online. Kami mengharapkan melalui kegiatan ini bisa membantu meningkatkan perekonomian warga,” ujar Arief.

Pada acara pertama yang dilangsungkan hari Minggu (27/05/2018), puluhan ibu-ibu di Desa Kalidawir berkumpul di balai desa. Materi yang diajarkan adalah pembuatan berbagai kreasi kue kering dan skutel macarony oleh pengajar dari Harum Bakery.

Peserta yang hadir juga disediakan hadiah doorprize berupa alat pemanggang listrik, mixer, dan voucher belanja. Acara ini disambut sangat baik oleh warga dan berharap inisiatif pemberdayaan dan edukatif seperti ini bisa rutin dihadirkan.

Sementara itu, Koordinator Komunitas Sidoarjo Positif Satya Adhi menjelaskan terima kasihnya atas kepercayaan dari LBI dan menjadi kebahagiaan tersendiri inisiatif komunitas anak muda direspon positif oleh berbagai pihak.

"Sesuai misi kami, Komunitas Sidoarjo Positif didirikan sesuai keinginan para milenial anak muda Sidoarjo, yakni tulus sungguh-sungguh ingin membangun optimisme warga Sidoarjo secara positif dan produktif. Sidoarjo adalah kota besar dan daerah yang kaya akan sumber daya alam dan manusia. Kami ingin anak muda lebih terlibat ikut membangun Sidoarjo ke depan", ujar Satya.

Satya menambahkan dengan adanya dukungan dan kerja sama dari pihak LBI ini, ia berharap kegiatan-kegiatan yang diadakan akan lebih variatif, bermanfaat dan berkelanjutan.

"Momentum Ramadan ini kami pilih untuk memberikan pelatihan yang relevan dan bermanfaat. Selanjutnya kami juga akan fokus di pelatihan bisnis online dan pemasaran produk. Insha Allah di kegiatan bulan-bulan ke depan dapat semakin melibatkan banyak warga dan menghasilkan energi positif serta bermanfaat".

Post a Comments
blog comments powered by Disqus