Ragam dan Tips Mudik Lebaran

Comments 37 Views Views


Ragam dan Tips Mudik Lebaran

SIPerubahan - Sebaik-sebaiknya tempat untuk tumbuh dan berkembang adalah tempat perantauan, namun senyaman-nyamannya tempat untuk tinggal adalah tempat lahir. Mungkin ini yang membuat budaya mudik ke kampung halaman terasa beragam dan asyik untuk tidak dilewatkan.

Siapapun mereka yang merantau ke kota, apalagi Jakarta mempersiapkan segala hal untuk agenda yang satu ini. Ragam transportasi yang dipilihpun bervariasi, dari mulai pesawat terbang, kereta api, kapal, bus, kendaraan pribadi, seperti mobil bahkan tak sedikit yang memilih untuk menggunakan motor. Semua mereka lakukan untuk bisa bertemu dengan keluarga, menciptakan kebahagian di hari kemenangan, yaitu lebaran.

Tapi, tahukah kamu apa saja yang harus disiapkan untuk kegiatan yang satu ini. Beberapa tips sederhana di bawah ini semoga bisa melengkapi perencanaan kegiatan bahagia kamu bertemu dengan keluarga di kampung halaman, diantaranya:

1. Cek Barang Bawaan

Barang bawaan menempati prioritas pertama karena siapapun yang mudik dengan transportasi jenis apapun, hal pertama yang harus dibawa adalah barang bawaan. Buat kamu yang mudik dengan transportasi umum atau pribadi tak perlu membawa barang terlalu banyak, secukupnya saja sesuai kebutuhan kamu.

Karena kalau kamu mau membawa oleh-oleh untuk keluarga bisa kamu siasati membelinya di kampung halaman. Apalagi THR ada digengaman tanganmu, terasa tidak hanya oleh-oleh saja yang bisa kamu beli, namun mengajak liburan keluarga di kampung ke suatu tempat tertentu bisa, sebagai contoh adalah pantai.

Intinya adalah suasana kumpul bersama bukan oleh-olehnya, ini hanya bumbu guys. Karena hal tersebut tidak bisa dibeli dengan apapun, hanya bisa dinikmati dengan keihklasan dan cinta hehe ...

2. Cek Kendaraan

Kendaraan menempati urutan kedua karena tanpa piranti ini kita gak bisa sampai tujuan guys. Memang kamu mau jalan kaki hehe. Kamu yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil atau sepeda motor, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi baik. Kalau bisa untuk memastikan kondisi tersebut, kalian bisa bawa ke bengkel otomotif untuk melakukan servis berkala, lakukan tune up agar kendaraan kalian kembali ke kondisi semula dan siap untuk dikendarai. Kalau begini jadinya perjalanan tidak terganggu oleh kendaraan yang tiba-tiba mati di tengah jalan.

3.  Cek Tempat Tinggal

Tips yang ketiga ini sering tidak diperhatikan, kebawa suasana gembira riang, karena sudah tiba waktunya mudik. Padahal kalau dilupakan bisa berakibat fatal. Contoh lupa mematikan kompor, bisa ludes dimakan si jago merah tempat tinggal kamu. Makanya pastikan semuanya aman dengan mengecek sudut-sudut rumah, pastikan kompor sudah dimatikan, listrik sudah dimatikan dan lain-lain. Jadi tempat tinggal aman, mudikpun jadi tenang.

4. Menikmati Perjalanan

Ini yang terpenting dalam setiap mudik ke kampung halaman yaitu menikmati perjalanan. Karena dengan hati sabar, tenang dan nyaman menikmati perjalanan kita jadi tidak tergesa-gesa serta fokus dalam mengendarai kendaraan. Karena kalau tergesa-gesa bisa tidak fokus dan bisa berakibat pada kecelakaan. Ingat ya guys, setiap kecelakaan yang terjadi itu bukan hanya karena kesalahan pribadi orang tersebut, tapi bisa jadi orang lain. Contoh kelalaian kita yang mengakibatkan kecelakaan kepada orang lain.

5.  Pastikan Tubuh Selalu Fit

Kondisi tubuh yang selalu fit juga menjadi kunci suksesnya mudik ke kampung halaman. Jangan memaksa bila capek, istirahatlah. Karena banyak pos yang telah disediakan oleh para polisi dan masyarakat disetiap pemberhentian baik di pom bensin, pinggir jalan dan lain-lain. Berhentilah beberapa menit atau 1 sampai 2 jam untuk mengembalikan kondisi tubuh yang capek. Idealnya memang per 4 jam kita istirahat. Karena suasana mudik biasanya macet dan cuacananya kurang bersahabat, panas sekali. Apalagi yang membawa motor, harus lebih perhatian terkait kondisi badannya. Baiknya bawa beberapa obat P3K yang bisa membantu mengembalikan kondisi tubuh. Jadi khawatir ditengah perjalan mudik ke kampung halaman bisa teratasi.   

6.  Sampai Kampung Halaman

Momen ini adalah obat dari tips urutan pertama sampai kelima, ketika sudah sampai lokasi kampung halaman. Kebahagiaan yang tidak bisa diukur dengan apapun akan kamu miliki. Kalau bahasa kerennya, sesuatu yang sudah mengagumkan itu sulit diceritakan. Yang ada senyuman riang tanpa henti. Peluklah bapak ibumu dan keluargamu, karena itu obat dari segala obat kehidupan. Berlabuh dipelukannya terasa nyaman tak terganti hehe. Maka nikmatilah.

Di atas adalah beberapa tips sederhana yang bisa kamu aplikasikan sebelum kegiatan mudikmu. Intinya setiap apapun harus direncanakan dengan baik, karena dengan rencana yang baik target hidup akan tercapai. Kalau orang bermimpi, bermimpilah setinggi angkasa, bila tak tercapai salah satu dari mimpimu, jatuhnya bukan ke tanah tapi diantara bintang-bintang hehe. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus