Riset Harus Jadi Tulang Punggung Kemajuan Indonesia

Comments 50 Views Views


Riset Harus Jadi Tulang Punggung Kemajuan Indonesia

SIPerubahan - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek dikti) Mohamad Nasir menerangkan saat ini fokus Kementerian yaitu menjadikan riset sebagai tulang punggung kemajuan bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Nasir usai menghadiri acara Diskusi Dewan Riset Nasional (DRN) bersama Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) di Auditorium Graha Widya Bhakti, Kawasan Puspiptek, Muncul, Tangerang Selatan, hari ini Senin (06/08/2018).

"Tugas Kementeriandikti (adalah) bagaimana mengembangkan riset ke depannya adalah menjadi tulang punggung kemajuan bangsa Indonesia," tutur Nasir.

Nasir menambahkan selama ini riset sering kali dikatakan hanya menghabiskan anggaran lantaran pendekatannya yakni supply side. Ke depan diharapkan pendekatan riset yaitu demand side.

"Artinya kita harus mengerti apa yang sedang dibutuhkan oleh industri dan masyarakat, mulai dari kebutuhan teknologi tinggi dan teknologi tepat guna," ujarnya lagi.

Sedangkan, menurut Presiden ke-3 RI B.J. Habibie yang kebetulan hadir, investasi SDM menjadi hal yang penting dilakukan sebagai modal bagi kemajuan bangsa.

"Proses paling penting dalam membangun SDM adalah pembudayaan dan pendidikan," pungkas Habibie.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus