Susi Pudjiastuti Lulus Paket C dengan Hasil Memuaskan

Comments 18 Views Views


Susi Pudjiastuti Lulus Paket C dengan Hasil Memuaskan

SIPerubahan - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti dinyatakan lulus dengan hasil yang memuaskan serta mendapatkan ijazah penyetaraan melalui program Kejar Paket C tahun ajaran 2018.

Susi mengikuti ujian bersama peserta lainnya di bulan Mei 2018 lalu yang dihelat oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Pandu Mandiri Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

"Ibu Susi mendapatkan hasil tertinggi se-Kabupaten Ciamis dengan nilai 429," terang Ketua Yayasan PKBM Bina Pandu Mandiri Kabupaten Ciamis, Didi Riswandi, Jumat (13/07/2018)

Menurut Didi, Menteri Susi mendaftarkan diri untuk mengikuti penyetaraan kejar paket C ke PKBM Bina Pandu Mandiri pada tahun 2015 seperti peserta yang lainnya dengan melampirkan fotocopy ijazah SMP, dan surat belum tamat belajar dari SMAN 1 Yogyakarta.

"Karena Beliau itu kan baru menyelesaikan kelas 1 atau 10 di SMAN 1 Yogyakarta, jadi kami tempatkan di PKMB di kelas 2 atau 11," katanya lagi.

Masih dari penuturan Didi, seharusnya Susi Pudjiastuti mengikuti ujian dalam tahun ajaran 2017 lalu. Namun, karena kesibukan tugas dinas maka ujiannya ditunda serta mengikuti ujian susulan pada tahun ajaran 2018, bulan Mei lalu.

"Jadi soal isu kartu ujian ibu Susi yang sempat heboh viral di medsos kemarin itu bukan hoax, tapi asli itu," ujarnya menambahkan.

Ia mengungkapkan, berdasarkan aturan peserta tidak bisa ujian jika tidak tercantum dalam Data Pokok Pendidik (Dapodik) nasional. Itu artinya peserta harus mempunyai nomor induk nasional.

"Jadi bagi peserta yang belum mendapat nomor induk nasional dan tercatat di Dapodik itu tidak bisa mengikuti ujian. Jadi artinya harus berproses dulu lah," tuturnya.

Lanjut Didi, Susi mengikuti ujian susulan pada 11 sampai 13 Mei 2018 untuk Kejar Paket C dengan pola Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jurusan IPS dengan mengambil tempat di SMA Negeri 1 Pangandaran.

Didi juga melanjutkan, jumlah peserta ujian nasional Kejar Paket C di Kabupaten Ciamis itu sebanyak 569 orang peserta, dan ibu Susi mendapatkan nilai tertinggi se-kabupaten.

"Jadi untuk PKBM di Kab Ciamis, ibu Susi mendapat ranking 1 se-Kab Ciamis untuk ujian nasional Kejar Paket C," terangnya.

Adapun ijazah diserahkan Ketua Yayasan PKBM Bina Pandu Mandiri Kab Ciamis, Didi Riswandi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti di rumah dinas Kementerian KP di Jakarta, hari ini.

Berpeluang Jadi Peserta Pilpres

Terpisah, baru-baru ini merunut hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Susi Pudjiastuti berada di posisi teratas paling berpeluang menjadi peserta Pilpres 2019, bila bersumber dari sosok perempuan.

“Susi didukung oleh 32,9 persen responden, lalu secara berturut-turut Tri Rismaharini, Sri Mulyani, dan Megawati,” terang peneliti KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo di Jakarta.

Survei dilakukan di sepuluh provinsi. Masing-masing Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Lampung, Sumatera Selatan, dan Riau.

Survei menggunakan sistem multi stage random sampling. Jumlah responden 1148 orang dengan margin of error 2,89 persen pada interval kepercayaan 95 persen. Survei didanai oleh internal Lembaga Survei KedaiKOPI.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus