Satelit Merah Putih Sukses Meluncur ke Ruang Angkasa

Comments 32 Views Views


Satelit Merah Putih Sukses Meluncur ke Ruang Angkasa

SIPerubahan - Selasa (07/08/2018) siang, sekitar pukul 12.20 WIB, satelit Merah Putih akhirnya sukses meluncur ke angkasa. Suara tepuk tangan terdengar di video live streaming dari tempat peluncuran di Cape Canaveral Air Force Station, Orlando, Florida Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, di Gedung Telkom, Jakarta suasana harap-harap cemas sudah terasa saat countdown atau hitung mundur terus mendekati waktu peluncuran. Begitu waktunya tiba, satelit Merah Putih yang menggunakan jasa peluncuran dari Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) ini dengan perlahan melesat menuju antariksa.

Dari keterangan video live streaming, ini barulah tahap pertama dari serangkaian proses untuk satelit benar-benar stabil berada di angkasa. Dalam waktu 15-30 menit sejak satelit meluncur baru bisa diketahui dengan pasti apakah misi ini sukses atau sebaliknya.

Untuk diketahui, satelit Merah Putih memiliki bobot 5,8 ton, diterbangkan oleh roket Falcon 9 setinggi 70 meter dengan berat 580 ton. Roket ini terdiri dari tiga komponen, yaitu step 1, step 2, dan fairing, dan saat ini semuanya sudah utuh dalam satu kesatuan bersama satelitnya.

Setelah satelit Merah Putih sukses meluncur, sekitar dua menit kemudian roket bagian 1 dari Falcon 9 akan lepas sehingga penerbangan kemudian dilanjutkan roket kedua.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus