Kejutkan Dunia, Remaja 14 Tahun Ini Jadi Gubernur di Negara Bagian AS

Comments 57 Views Views


Kejutkan Dunia, Remaja 14 Tahun Ini Jadi Gubernur di Negara Bagian AS

SIPerubahan - Ada hal menarik di pemilihan gubernur yang digelar di Vermont, Amerika Serikat. Hal menarik itu terkait salah satu kandidat yang masih di bawah umur.  Remaja 14 tahun tersebut diusung oleh Partai Demokrat.

"Saya kira warga Vermont tidak boleh meremehkan saya karena saya memiliki ide-ide progresif, dan saya baru 14 tahun. Saya pikir pesan dan program kerja saya melampaui usia saya," tutur remaja bernama Ethan Sonneborn itu dalam sebuah pernyataannya, Selasa (14/08/2018).

Peraturan di Vermont sendiri tidak memiliki batasan usia minimum untuk pencalonan. Vermont hanya mensyaratkan warganya telah tinggal di sana selama minimal empat tahun, sebuah syarat yang tentu saja sudah dipenuhi Ethan.

Ethan mengaku sangat tertarik untuk membangun koalisi, di mana Robert F.Kennedy adalah politisi yang menjadi role model-nya. Keputusannya untuk maju sebagai calon gubernur diakui sebagai bentuk ketidakpuasannya terhadap pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Donald Trump.

Dalam laporan keuangan sebelum pencalonan, tercatat Ethan hanya mempunyai uang sebesar 1.700 dolar AS (atau senilai Rp 24,8 juta), jumlah yang tentu saja sangat jauh dari cukup. Meski begitu, Ethan tetap ada di panggung yang sama dengan kandidat Demokrat lainnya.

Di panggung pemilihan, Ethan bersaing dengan Christine Hallquist, yang bila terpilih nanti akan menjadi gubernur transgender pertama. Selain itu, ia juga akan berhadapan dengan James Ehlers, seorang aktivis pecinta lingkungan, dan Brenda Siegel, seorang budayawan.

Bulan Januari lalu, parlemen Vermont merancang Undang-Undang yang meminta para calon setidaknya memiliki hak pilih (sudah cukup usia), namun RUU itu nampaknya tidak dibahas lebih lanjut. Dalam konferensi pers baru-baru ini, Gubernur Phill Scott dari Partai Republikan mengatakan seharusnya parlemen melihat lagi siapa yang akan maju sebagai gubernur. "Saya kira setidaknya Anda sudah punya SIM sebelum Anda maju sebagai gubernur," Cetus Scott.

Sonneborn mengira dia akan melakukan yang lebih baik ketimbang yang orang harapkan. Dan dia mengukur keberhasilan kampanyenya dengan cara lain juga. "Saya pikir, bila saya bisa membuat orang yang sebelumnya tidak tertarik terhadap politik menjadi tertarik, maka artinya kampanye saya sukses," tutup Ethan. (Sumber: NBC/ Telegraph).

Post a Comments
blog comments powered by Disqus