Fakta Menarik dari Kesuksesan Prancis Juarai Piala Dunia 2018

Comments 69 Views Views


Fakta Menarik dari Kesuksesan Prancis Juarai Piala Dunia 2018

SIPerubahan - Timnas Prancis sukses memastikan gelar juara Piala Dunia 2018 usai menaklukkan Kroasia di laga final. Dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Luhzniki, Moskow Rusia, Minggu (15/07/2018), Prancis menumbangkan Kroasia melalui drama enam gol.

Tim Ayam Jantan berhasil unggul lebih dulu berkat gol bunuh diri yang dicetak Mario Mandzukic. Meski Kroasia kemudian berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Ivan Perisic, hadiah penalti bagi Prancis di menit 38, kembali membuat Kroasia harus berada dalam posisi tertinggal.

Situasi kian memburuk bagi Kroasia di babak kedua. Dua gol tambahan dilesakkan Prancis hanya dalam selang waktu enam menit. Walaupun Mario Mandzukic mempersempit jarak ketertinggalan di menit 69. Namun sayang, hal itu tidak cukup untuk bisa mencegah Prancis keluar sebagai juara.

Meski begitu, tak hanya pertandingan seru yang dibanjiri dengan gol. Sejumlah fakta menarik juga hadir di laga final Piala Dunia 2018. Berikut sejumlah fakta menarik yang dihadirkan SIPerubahan dari berbagai sumber.

1. Kylian Mbappe (19) menjadi pemain berusia di bawah 20 tahun kedua setelah Pele (17) yang mampu mencetak gol di final Piala Dunia.

2. Antoine Griezmann melesakkan empat gol dan dua assists dimana menyamai perolehan Harry Kane (6 gol) sebagai pemain yang paling banyak terlibat dalam terciptanya gol di Piala Dunia 2018.

3. Didier Deschamp menjadi nama ketiga yang mampu memenangkan trofi Piala Dunia baik sebagai pemain (1998) maupun pelatih (2018). Dua nama lainnya yaitu Franz Beckenbauer pada 1974 sebagai pemain dan tahun 1990 sebagai pelatih. Serta Mario Zagallo yang memenangkan trofi sebagai pemain di tahun 1958 dan 1962 silam dan sebagai pelatih di tahun 1970.

4. Prancis kini menyamai torehan Uruguay dan Argentina yang juga berhasil memenangkan dua gelar Piala Dunia. Brasil menjadi yang terbanyak dengan lima trofi, disusul Jerman dan Italia dengan empat trofi dan Inggris serta Spanyol berada di posisi terbawah dengan hanya mengoleksi satu trofi juara Piala Dunia.

5. Paul Pogba menjadi pemain pertama setelah Marco Tardelli di tahun 1982 yang mampu mencetak gol dari luar kotak penalti pada laga final Piala Dunia.

6. Paul Pogba menjadi pemain Manchester United pertama yang mampu mencetak gol di gelaran Piala Dunia

7. Untuk pertama kalinya sejak tahun 1974 (Jerman 2-1 Belanda) tercipta tiga gol di pada babak pertama Piala Dunia.

8. Hanya Davor Suker (6) pemain asal Kroasia yang mampu melampaui catatan gol Iva Perisic (5) di Piala Dunia.

9. Sembilan dari sepuluh laga final Piala Dunia terakhir dimenangkan oleh tim yang mencetak gol pembuka.

10. Mario Mandzukic menjadi pemain kedua yang mencetak gol bunuh diri di gelaran Piala Dunia. Sebelumnya hal yang sama dilakukan Ernie Brandts (Belanda) ketika melawan Italia di edisi 1978.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus