Gus Ipul: Sederhanakan Perizinan dan Kinerja Bersih

Comments 111 Views Views


Gus Ipul: Sederhanakan Perizinan dan Kinerja Bersih

SIPerubahan - Dalam safarinya hari ini, Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengunjungi langsung perusahaan wig yang digadang-gadang sebagai satu-satunya di Jawa Timur ini, Selasa (17/04/2018). Memang Jawa Timur sendiri memiliki sentra produksi wig, yakni PT Hair Star indonesia, Sidoarjo.

Ditemani Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jawa Timur Fauzi, kedatangan Gus Ipul disambut oleh Direktur Utama Norman Sartono. Cagub nomor dua ini berkesempatan melihat langsung berbagai macam wig buatan perusahaan ini. Saking kagumnya, Gus Ipul sesekali mencoba memakai rambut palsu tersebut.

"Saya jadi ingat zaman kuliah sampai sebelum nikah dulu, rambut saya pernah gondrong," kenang Alumnus Universitas Nasional Jakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) tersebut. Gus Ipul juga melihat langsung tahapan produksi, dimulai penjahitan, dibentuk sampai finishing.

Dari kunjungannya tersebut, Gus Ipul berkomitmen untuk menjaga perusahaan. Terlebih, sudah mampu berkontribusi dalam mendorong ekspor di Indonesia, khususnya Jawa Timur. Ke depan, Gus Ipul berkomitmen untuk menggaet investasi dari luar yang sifatnya padat karya, sehingga dapat turut mengatasi pengangguran di Jawa Timur.

"Masalah perizinan yang selama ini menjadi keluhan para pengusaha juga kami pikirkan. Bapak Presiden (Joko Widodo) tengah berupaya agar masalah perizinan ini dapat disederhanakan, sehingga dapat menarik investasi dari luar negeri," jelasnya.

Di tempat yang sama, Gus Ipul juga menyampaikan keinginan sekaligus program yang akan mendorong tumbuhnya UMKM di Jawa Timur yang bisa dihubungkan dengan perusahaan-perusahaan besar di Jawa Timur seperti PT Hair Star Indonesia ini.

"Yang besar kita jaga. Yang tengah kita fasilitasi. Sementara UMKM yang yang kecil kita dorong," tegas Gus Ipul.

 

Terapkan Kinerja yang Bersih dan Transparan

 

Menelisik ke belakang, Gus Ipul bersama Puti Soekarnoputri mencoba mengkampanyekan komitmennya untuk mendukung kinerja pemerintah yang bersih, transparan, dan anti korupsi, seperti harapan masyarakat dan semua pihak lain.

Saat ini, para politisi sudah sadar akan pentingnya berpolitik bersih dari KPK. Alasannya, bila sesorang sudah tersandung dengan kasus KPK, hal itu langsung berdampak buruk terhadap image orang tersebut. Dan, juga bisa langsung menjalar ke partainya.

Gus Ipul dan Puti menegaskan langkah utamanya yakni memperkuat sistem transparansi pemerintahan Jawa Timur, dimulai dari pengelolaan APBD yang bisa diakses secara elektronik hingga lelang proyek juga dibuka melalui sistem internet. Diharapkan, hal itu bisa mendorong munculnya kepercayaan masyarakat yang pada akhirnya, akan memicu partisipasi publik.

Selanjutnya, Gus Ipul juga menegaskan, masyarakat Jatim akan lebih leluasa mengontrol jalannya pemerintahan, jika dirinya dan Puti bisa terilih kelak. Bahkan keduanya berencana untuk menyelenggarakan Musrenbang khusus bagi kaum perempuan.

Jika hal itu sudah berjalan lancar, barulah bisa berkembang ke tahap yang lebih reguler. Puti juga terlihat lebih condong ingin mengangkat derajat kaum perempuan Jatim sebagai agen perubahan bangsa. Hal itu juga masuk ke dalam komitmen keduanya.

Komitmen Gu Ipul-Puti untuk menegakkan sistem pemerintahan yang bersih itu disampaikannya usai mengikuti acara Pembekalan Antikorupsi dan Deklarasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2018, di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, belum lama ini.

Patut diacungi jempol terkait rekam jejak keduanya yang terkenal baik dalam sistem pemerintahan. Gus Ipul merupakan Wagub Jatim yang menjabat selama dua periode. Ia juga pernah menjadi menteri dan anggota DPR RI.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus