Romahurmuziy: Besok Kamis Cawapres Jokowi akan Diumumkan

Comments 67 Views Views


Romahurmuziy: Besok Kamis Cawapres Jokowi akan Diumumkan

SIPerubahan - Rabu (08/08/2018) malam, petinggi partai politik pendukung Jokowi akan berkumpul membahas finalisasi nama cawapres. Besok  rencananya nama cawaspres tersebut akan diumumkan kepada masyarakat.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy mengatakan, calon wakil presiden yang akan mendampingi Presiden Joko Widodo akan diumumkan pada Kamis (09/08/2018).

Muhammad Romahurmuziy menjelaskan, untuk finalisasi nama cawapres Jokowi,  para ketua umum partai koalisi pendukung Jokowi akan kembali berkumpul. "Ada rapat malam ini," tegas Romy, Rabu siang, di Bogor, Jawa Barat.

Romy kembali menuturkan para ketua umum partai koalisi akan rapat bersama dengan Jokowi. Namun ia belum bisa memastikan lokasi pertemuannya. "Tergantung jadwal beliau (Jokowi)," kata Romy.

Rencananya, rapat juga membahas pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden 2019.

Partai koalisi pendukung Jokowi akan mendaftarkan pasangan capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum di hari terakhir pendaftaran, yaitu Jumat (10/08/2018) pagi. "Jam 10 pagi. Kan PPP nomor urut 10," seloroh Rommy.

Jokowi hingga kini belum mengumumkan nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya di pilpres 2019. Namun Jokowi pernah mengungkapkan bahwa ada sejumlah nama yang masuk ke kantongnya. Antara lain:

1. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

2. Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin.

3. Anggota Dewan Badan Pengembangan Ideologi Pancasila Mahfud MD.

4. Ketua Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskanda.

5. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Bahas Formasi Partai Koalisi

Masih di tempat yang sama, menurut Rommy, pertemuan ini salah satunya akan membahas formasi partai koalisi yang mendukung Jokowi kembali maju menjadi calon Presiden periode 2019-2024. Sejauh ini, ada sembilan parpol yang mendukung Jokowi yakni PDIP, Golkar, PPP, NasDem, PKB, Hanura, PSI, Perindo, PKPI. "Seperti yang saya sampaikan, setelah pertemuan 23 Juli lalu apakah koalisi ini masih akan bertambah lagi dengan parpol berikutnya atau tidak," katanya lagi.

Rommy menyatakan kemungkinan bertambahnya koalisi ini bisa terjadi setelah ada pertemuan Presiden dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. "Saya sampaikan kewenangan tambahan parpol itu bukan di tangan Pak Jokowi, tapi oleh para ketua umum yang sudah bergabung, sehingga itulah yang akan kita pastikan dalam pertemuan yang akan digelar malam nanti," tutur Rommy.

Masih dari penuturan Rommy, pertemuan itu juga akan membahas penyampaian ke publik calon Wakil Presiden dari Jokowi diumumkan. "Sejauh ini, saya terakhir dengan presiden tadi dan kemarin bahwa kita akan mendaftar pada tangal 10 Agustus seperti yang berkali-kali saya sampaikan," ujarnya.

Terkait belum diumumkan siapa calon wakil presiden dari Jokowi, Rommy mengatakan bahwa parpol koalisi pendukung Jokowi ingin memberikan kesempatan parpol manapun yang ingin bergabung. "Paling tidak mereka diajak rundingan terakhir, walaupun hanya satu, dua kali untuk bersama-sama mengambil keputusan tentang calon wakil presiden, sehingga bukan keputusan pribadi pak Jokowi, tetapi keputusan pak Jokowi bersama ketua Umum partai pendukung," urainya melanjutkan.

Rommy menegaskan pengumuman akan dilakukan setelah pertemuan nanti malam, apakah mendahuli sebelum pendaftaran atau bersamaan dengan pendaftaran. "Tetapi saat pengumuman, para ketua umum partai pendukung akan mendampingi, karena ini bagian dari kebersamaan dan kekompakan," tutup Rommy.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus