Presiden Jokowi Resmi Pilih KH Ma'ruf Amin Sebagai Pendampingnya

Comments 32 Views Views


Presiden Jokowi Resmi Pilih KH Ma

SIPerubahan - Presiden Joko Widodo mengumumkan calon wakil presiden yang akan mendampinginya di pemilu presiden periode 2019-2024 adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia KH. Ma'ruf Amin.

"Pada kesempatan ini saya ingin sampaikan sebuah keputusan sangat penting setelah lewat perenungan mendalam dan dengan pertimbangan masukan saran dari berbagai elemen masyarakat, seperti yang saya sebut di bagian awal tadi. Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi yaitu koalisi Indonesia Kerja, bahwa yang akan dampingi saya adalah sebagai cawapres periode 2019-2024 adalah Profesor Doktor KH Ma'ruf Amin," jelas Jokowi di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (09/08/2018) sore.

Di kesempatan itu, Jokowi juga menjelaskan profil singkat Ma'ruf Amin serta alasan memilihnya. Ia menilai, Ma'ruf Amin sebagai tokoh bangsa yang telah menduduki sejumlah posisi penting di lembaga negara. Mulai dari DPR hingga Wantimpres.

Hal itulah yang membuat Jokowi jatuh hati hingga akhirnya memilih berpasangan dengan Ma'ruf Amin.  "Ma'ruf Amin lahir di 11 Maret 1943 adalah sosok sebagai tokoh agama yang bijaksana. Beliau duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Aam NU dan juga ketua MUI, Majelis Ulama Indonesia," ungkap Jokowi.

Selain itu, Ma'ruf Amin dinilai sangat dekat dengan jiwa kebhinekaan yang diharapkan mampu meredam kisruh politik di Tanah Air. "Dalam kaitannya dengan kebhinekaan Prof DR KH Ma'ruf Amin saat ini menjabat sebagai dewan pengarah badan pembinan ideologi Pancasila," ujar Jokowi melanjutkan.

Pemilihan Ma'ruf juga dinilai Jokowi sebagai pemantapan bahwa kabinetnya di masa yang akan datang akan bersifat nasionalis-religius. "Kami saling melengkapi, Nasionalis-Religius," pungkasnya.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus