Ke Kampung Halaman, Lengkapi Diri dengan Perlindungan Asuransi

Comments 46 Views Views


Ke Kampung Halaman, Lengkapi Diri dengan Perlindungan Asuransi

SIPerubahan - Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim menjelaskan, sebelum melakukan perjalanan ke kampung halaman ada baiknya melengkapi diri dengan perlindungan asuransi.

Alasannya perjalanan baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum memiliki resiko kecelakaan. Hendrisman mengungkapkan pemudik yang sudah mempunyai polis asuransi jiwa harus memastikan bahwa ia sudah tercover beberapa risiko seperti kecelakaan dan kematian.

"Kalau sudah punya polis asuransi jiwa tidak usah beli asuransi lagi. Tapi kalau belum punya bisa beli asuransi lagi yang personal accident (PA) yang masa berlakunya mulai dari tujuh hari, atau selama mudik," ujar Hendrisman, di Jakarta, Selasa (05/06/2018).

Hendrisman mengungkapkan, dengan asuransi yang dibeli selama mudik tersebut pemudik bisa memperoleh uang pertanggungan jika ia mengalami kecelakaan ketika perjalanan.

"Kan tidak ada yang mau celaka, tapi dengan asuransi resiko-resiko itu bisa teralihkan. Jadi kalau beli PA yang jangka waktunya selama arus mudik dan dia kecelakaan ia akan dapat uang pertanggungan asuransi di luar Jasa Raharja," ujarnya.

Dengan momen mudik tersebut, Hendrisman yakin penjualan asuransi perjalanan mudik bisa membuat pengenalan produk asuransi semakin luas. Sebab hal itu bisa memancing para pemudik yang membeli asuransi untuk menjajal produk asuransi lainnya.

Selain itu, masih dari penuturan Hendrisman, asuransi perjalanan yang bisa menemani mudik Lebaran mempunyai premi yang terbilang cukup murah. Bahkan, harga premi untuk perlindungan asuransi jiwa yang ditawarkan mulai dari Rp50 ribu. Menurut ia, hal ini karena asuransi perjalanan hanya bersifat musiman dan bukan jangka panjang.

Tak hanya asuransi jiwa, yang juga harus dimiliki yaitu asuransi umum. Misalnya, untuk asuransi kendaraan baik motor maupun mobil hingga asuransi tempat tinggal. Salah satu perusahaan asuransi umum, yakni Adira Insurance menyediakan asuransi khusus pemudik.

Sementara itu, masih di tempat dan kesempatan yang sama, Tanny Megah Lestari, Business Development Division Head Adira Insurance memaparkan asuransi mudik ini bertujuan untuk memberikan pemudik perlindungan dengan premi yang terjangkau.

Tanny menyebutkan untuk mendapatkan asuransi mudik ini, pelanggan bisa mendapatkan hanya dengan premi Rp35.000 untuk Asuransi Mudik Motor atau Rp75.000 untuk Asuransi Mudik Mobil. Selanjutnya, pelanggan juga bisa melakukan double claim bila pelanggan telah memiliki polis Adira Insurance maupun perusahaan asuransi lainnya dengan jaminan yang sama.

Berdasarkan data Korps Lalu Lintas Polri saat mudik 2017, tercatat telah terjadi kecelakaan sebanyak 1.299 kasus. Untuk korban meninggal dunia 292 orang, sementara korban luka berat tercatat 356 orang. Tidak hanya itu, dengan jumlah kecelakaan tersebut, kerugian materi sebesar Rp 2,7 miliar.

Asuransi mudik saat ini tak hanya melindungi diri dan kendaraan dari kecelakaan. Sejumlah perusahaan asuransi juga menyediakan produk asuransi yang mampu melindungi kehilangan kendaraan, dokumen, kebakaran atau pencurian di rumah saat ditinggal mudik.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus