Sate Ayam Ponorogo Penggugah Selera

Comments 13 Views Views


Sate Ayam Ponorogo Penggugah Selera

SIPerubahan - Ponorogo merupakan suatu daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan tarian reog dan kuliner sate yang menggugah selera. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate khas Ponorogo terbuat dari daging ayam yang empuk dengan bumbu kacang yang melimpah.

Banyak kuliner Ponorogo yang patut dicoba nggak cuma sate tetapi, sate merupakan makanan paling popular di Ponorogo di kalangan wisatawan ataupun pendatang.

Sate banyak disukai, setiap orang pasti memiliki tempat favorit untuk makanan favorit. Begitupun sate di Ponorogo yang menjadi tempat favorit untuk Bapak Presiden Jokowi.

Dengan arsitektur yang khas rumah makan khusus sate ayam memajang foto orang-orang penting di Indonesia pada dinding rumah makan Tukri Sobikun.

Rumah makan Tukri Sobikun ini mulai di rintis pada tahun 1975 oleh pasangan Tukri dengan Amini, perjalanaan awal dimulai dengan memikul dagangannya mengelilingi kampung sampai berjualan di emperan took sampai akhirnya rumah makan tersebut ramai dikunjungi oleh pelanggan.

Banyaknya pesanan setiap harinya warung sate tersebut menghabiskan sampai 150 ekor per hari dengan menghasilkan 1.000 tusuk sate ayam.

Resep yang diterapkan pada sate ayam khas Ponorogo ini adalah sebelum dibakar, daging ayam yang telah ditusuk dilumuri campuran bumbu berupa bawang merah, bawang putih, laos, gula, garam, ketumbar, jinten, kemiri dan daun salam. Warung Tukri Sobikun mewarisi resep sate ayam dari leluhurnya dan tidak pernah merubah resep tersebut sekalipun.

Tidak disangka resep kuno bisa mendatangkan rejeki dan minat pelanggan lebih banyak. Selamat mencoba sate ayam khas Ponorogo.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus