Kenali Lebih Dalam Apa Itu Menu 4 Bintang

Kenali Lebih Dalam Apa Itu Menu 4 Bintang

Menu 4 bintang rasanya bukanlah hal yang biasa terdengar. Namun, pada kenyataannya sering disajikan untuk membuat makanan pendamping ASI bagi sang Bayi.

Untuk yang belum mengerti betul tentang menu 4 bintang ini dapat membaca ulasan di bawah ini ini beserta pilihan alternatif menggunakan bahan bakunya dalam makanan pendamping ASI.

Apa Itu Menu 4 Bintang?

Menu 4 bintang merupakan makanan pendamping ASI yang terbuat dari beberapa komponen penting. Semuanya adalah karbohidrat, protein hewani,  protein nabati serta beraneka macam sayuran.

Mengapa dikatakan 4 Bintang? Sebab seluruh nutrisi yang disebutkan di atas memiliki manfaat yang luar biasa untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Sehingga perlu dipastikan keberadaannya dalam setiap sajian makanan pendamping ASI.

Dengan adanya empat bintang tersebut,maka kebutuhan nutrisi bayi akan tercukupi. Tidak ada satupun sumber makanan yang mengandung seluruh makronutrien dan mikronutrien dalam jumlah yang cukup.

Adapun saran bahan baku yang bisa digunakan agar makanan pendamping ASI tersebut memenuhi kriteria 4 bintang adalah sebagai berikut:

Sumber Karbohidrat

Karbohidrat digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Ibu dapat memanfaatkan sumber karbohidrat yang banyak sekali tersedia di pasaran.

Pilihannya pun sangat beragam. Mulai dari berbagai macam beras yaitu putih dan merah. Ada juga yang berupa biji-bijian seperti gandum dan serealia. Ibu juga dapat memanfaatkan berbagai macam umbi-umbian seperti kentang, ubi dan singkong.

Protein Hewani

Sumber protein hewani pun beragam. Pilihannya pun cukup banyak dari mulai yang terjangkau sampai memiliki harga cukup mahal. Ibu dapat memilih beraneka macam daging untuk dimanfaatkan sebagai protein hewani.

Mulai dari daging sapi, ayam, ataupun makanan laut. Tidak hanya itu saja yang bisa dimanfaatkan. Pilihan lain adalah berbagai macam telur seperti telur ayam,  bebek, dan burung puyuh.

Bahan Ibu bisa membuat kaldu dari tulang ayam dan sapi yang masih segar. Olahan ini sangat kaya dengan nutrisi. Mulai dari berbagai macam mineral dan kolagen. Dapat digunakan sebagai  cairan dalam pembuatan bubur.

Protein Nabati

Ibu juga dapat menggunakan protein nabati yang pada umumnya ditawarkan dengan harga lebih terjangkau. Pilihannya pun cukup beragam mulai dari berbagai produk turunan kedelai,  seperti tahu dan tempe serta susu kedelai.

Sayuran

Sayuran beraneka macam warna dan jenis merupakan sumber vitamin dan mineral yang  sangat banyak. Ibu dapat memanfaatkan semuanya sebagai tambahan yang ada dalam makanan pendamping ASI.

Sesuaikan tekstur serta ukurannya dengan kemampuan anak untuk mengunyah. Gunakan semua sayur tersebut agar seluruh kebutuhan vitamin dan mineral nya selalu terpenuhi setiap hari.

Kini ibu dapat menyiapkan makanan pendamping ASI sesuai dengan menu 4 bintang. Dengan sajian yang kaya nutrisi, maka pertumbuhan si kecil akan berlangsung dengan optimal.