Perry ‘Si Anak Petani’ Warjiyo Resmi Jadi Gubernur Bank Indonesia

Comments 100 Views Views


Perry ‘Si Anak Petani’ Warjiyo Resmi Jadi Gubernur Bank Indonesia

SIPerubahan - Perry Warjiyo  diambil sumpahnya sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2018-2023 oleh Ketua Mahkamah Agung RI hari ini Kamis (24/05/2018) pagi.

Sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali di Ruang Prof. Dr. Kusuma Atmadja Tower MA RI, Medan Merdeka Utara Jakarta.

Gubernur BI 2013-2018 Agus D.W. Martowardojo, Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara, serta jajaran Deputi Gubernur, dan seluruh pejabat Bank Indonesia akan menyaksikan acara pengambilan sumpah jabatan tersebut.

Usai pengambilan sumpah, serah terima jabatan akan dilakukan dari Mirza Adityaswara kepada Perry Warjiyo. Hal ini dilakukan mengingat masa jabatan Agus D.W. Martowardojo sebagai Gubernur BI telah selesai pada 23 Mei 2018 kemarin.

Setelah diambil sumpahnya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menerima ucapan selamat dari sejumlah menteri, serta pejabat pemerintah.

Hadir memberikan selamat antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sosial Idrus Marham, dan Menteri PAN-RB Asman Abnur.

Selanjutnya Mantan Gubernur BI Boediono turut memberikan ucapan selamat bersama dengan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso serta Ketua LPS Halim Alamsyah.

Perry Warjiyo resmi dilantik sebagai Gubernur BI 2018-2023 melalui Kepres no.70/P/2018 tanggal 16 April 2018.

Berikut ini bunyi lengkap sumpah yang diucapkan oleh Perry:

Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi gubernur Bank Indonesia langsung atau tidak langsung dengan nama atau dalih apapun, tidak memberikan sesuatu kepada siapapun juga.

Saya bersumpah bahwa saya dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini tidak akan menerima sesuatu janji dalam bentuk pemberian atau apapun.

Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewajiban Gubernur Bank Indonesia dengan sebaik-baiknya dan rasa tanggungjawab.

Saya bersumpah bahwa saya akan setia terhadap negara konstitusi dan haluan negara.”

Anak Petani yang Jadi Gubernur BI

Menelisik lebih jauh tentang sosok Perry Warjiyo merupakan berasal dari anak petani. Ia pun telah menjalani serangkaian uji kelayakan serrta kepatutan di Komisi XI DPR RI pada Rabu (28/03/2018) lalu. Kemudian sore harinya anggota komisi memutuskan secara mufakat Perry sebagai Gubernur BI.

Enam hari kemudian, sidang paripurna DPR pada Selas (03/04/2018) menetapkan Perry sebagai Gubernur BI. DPR meminta Perry untuk menjaga stabilitas perekonomian nasional dalam menghadapi gejolak ekonomi global.

Selain menjadi anggota Dewan Gubernur, Perry juga menjadi dosen Pascasarjana di Universitas Indonesia bidang Ekonomi Moneter dan Ekonomi, si anak petani ini juga sebagai dosen tamu di sejumlah universitas di Tanah Air.

Perry mengantongi gelar Master dan PhD bidang Moneter dan Keuangan Internasional yang disabetnya dari Iowa State University, AS, masing-masing pada 1989 dan 1991 silam.

Saat ini Perry telah menulis dan mempublikasikan sejumlah buku, jurnal dan makalah di bidang ekonomi, moneter dan isu internasional. Ketika fit and proper test di DPR Perry menceritakan dia adalah orang desa dan berasal dari keluarga petani. Ia juga menceritakan pernah beberapa kali duduk di kursi ruang rapat Komisi XI untuk pemilihan. Selamat untuk Perry Warjiyo atas jabatan barunya.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus