Beberapa Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib dalam Berkendara!


Beberapa Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib dalam Berkendara!

Dalam memilih mobil idaman, ada baiknya bukan hanya berpatok dari segi desain ataupun harga. Tetapi, mobil dengan sistem keamanan yang tinggi patut dijadikan pertimbangan dalam membeli mobil. Fitur dan sistem keamanan pada mobil guna memberikan rasa nyaman dan mengurangi resiko kecelakaan

Source: Mobilmo.com

Sekarang ini banyak bermunculan mobil “Zaman Now” yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan mobil baik dalam hal standarisasi bahkan dengan menggunakan teknologi keselamatan terbaru. Namun, teknologi yang disematkan pada mobil memang semakin beragam guna memenuhi kebutuhan pengendara maupun penumpang. Lalu fitur seperti apa yang wajib diperhatikan dan jangan sampai diabaikan keberadaannya di mobil? Berikut ini salah seorang Inspektor dari Carsome Indonesia yang merupakan sebuah platform dalam membantu menjual mobil dengan cepat dan mudah mencoba untuk memberikan suatu informasi penting dalam pengenalan berbagai macam fitur keselamatan pada mobil. Inspektor ini telah berpengalaman dalam melakukan inspeksi terhadap mobil yang ingin dijual kepada si penjual, sehingga dari pengalaman yang didapatkan maka diharuskan untuk mengetahui apa saja fitur-fitur keselamatan yang ada pada mobil yang wajib untuk diperhatikan.

1. Airbag, Fitur Keselamatan Terpenting

Fitur Airbag (Source: Autoweek.com)

Fitur airbag (kantung udara) memiliki fungsi untuk perlindungan kepala dari benturan yang biasanya tidak dapat diabaikan. Penggunaan airbag ini hadir pada sejumlah mobil dengan dilengkapi airbag pelindung lutut pengemudi. Ketersediaan fitur ini dapat jadi sangat berbeda dari satu mobil dengan yang lainnya, bahkan dalam satu produsen yang sama. Fitur airbag dipastikan ada di setiap mobil keluaran terbaru yang beredar di pasar.

2. Kamera dan sensor parkir, fungsi fitur untuk membantu pengemudi baru

Kamera dan Sensor Parkir (Source: Blogspot.com)

Adanya penggunaan kamera dan sensor parkir akan membantu pengendara terutama yang baru saja lancar mengemudikan mobil. Fitur keselamatan ini akan membantu pengendara terutama saat parkir mundur, jadi pengendara tidak perlu repot melihat spion atau melongok keluar jendela untuk melihat sisi kanan, kiri dan belakang mobil. Fitur ini memang bukan hanya untuk melindungi pengemudi dan penumpang, tapi juga untuk pengguna jalan lainnya dan pejalan kaki. Kamera dan sensor parkir yang ada di mobil bisa memberi tahu potensi bahaya dari objek yang melintas dibelakang mobil. Secara sederhananya, saat mobil Anda bergerak mundur, sensor yang terletak di sudut belakang mobil akan memindai objek yang ada di belakangnya. Peringatan biasanya akan muncu berupa suara di dalam kabin.

3. Blind-Spot Monitoring, Sistem penghindar benturan pada objek tak tampak

Blind-Spot Monitoring (Source: Discoveryourmazda.com)

Fitur pada sistem blind spot monitoring ini dapat memberikan bantuan kepada pengendara seperti lampu peringatan yang terletak pada kaca spion mobil. Lampu tersebut akan memberi tahu bahwa ada kendaraan di samping yang mungkin tidak terlihat oleh si pengendara. Sangat sederhana tetapi hal ini dipastikan dapat sangat membantu.

4. Adaptive Cruise Control, Pengembangan dari Cruise Control 

Fitur Adaptive Cruise Control (Source: fastnlow.net)

Fitur adaptive cruise control (acc) ini merupakan suatu evolusi terbaru dari teknologi cruise control yang mengalami peningkatan fungsi terbesar dari sebelumnya. Fitur ini memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan yang diinginkan dan kemudian kendaraan akan mengurangi kecepatannya sendiri jika mobil didepan juga melambat. Adaptive cruise control ini telah dikombinasikan dengan teknik pengereman darurat otonom yaitu sistem yang dapat menyelamatkan nyawa pengendara dari resiko kecelakaan.

5. Auto Emergency Braking  dan Forward Collision Warning, Sensor untuk memberhentikan laju mobil

Ilustrasi Auto Emergency Braking (Source: Etsc.eu)

Fungsi dari fitur autonomous emergency braking (aeb) ini untuk menghentikan kendaraan dengan menggunakan sejumlah sensor serta menghindari mobil dari rintangan yang ada di depan kendaraan. Tetapi pada fungsi fitur sebenarnya, mobil yang tersematkan sistem ini hanya berfungsi untuk kondisi saat kecepatan rendah. Fitur ini akan memberikan sebuah peringatan kepada pengemudi jika terjadi sebuah potensi tabrakan yang semakin mendekat. Kemudian, rem akan bekerja secara otomatis jika pengemudi tidak merespon.

6. Lane-Keeping Alert and Assitance, Fitur pemandu jalur mobil 

Lane-Keeping Alert and Assitance (Source: Youtube)

Pada fitur ini memiliki fungsi jika Anda bepergian dan melewati jalan dengan marka jalannya yang kurang jelas, maka fitur ini akan bekerja dengan cara memberikan peringatan jika Anda telah keluar dari garis putih. Meskipun fitur ini tidak diperlukan karena Anda tetap berada pada jalur, namun fitur ini setidaknya menjadi pengawas jika sesuatu terjadi pada kendaraan yang sedang melewati jalur yang gelap.

Nah, dari penjelasan diatas maka Anda dapat lebih mengetahui apa saja fitur yang diwajibkan pada kendaraan Anda. Bagi Anda yang ingin berencana membeli mobil idaman di Tahun baru ini, yuk coba dicek kelengkapan dari berbagai macam dari fitur keselamatan kendaraan Anda. Agar dapat mengurangi resiko kecelakaan. Dan jangan lupa juga, jika ingin menjual mobil lama Anda di www.carsome.id Nikmati sensasi baru dalam menjual mobil secara online dengan jaminan 24 Jam mobil Anda Laku!

Post a Comments
blog comments powered by Disqus