Dua Masjid di London Diakui Warisan Kekayaan Muslim Inggris

Comments 26 Views Views


Dua Masjid di London Diakui Warisan Kekayaan Muslim Inggris

SIPerubahan – Belum lama ini dua Masjid di kota London diberikan status khusus sebagai warisan kekayaan warga muslim di Inggris. Menteri urusan sejarah Inggris Michael Ellis menerangkan pengakuan ini atas pentingnya arsitektur kedua bangunan dan sejarah negara tersebut.

Kedua Masjid itu yaitu Masjid Pusat London dan Pusat Kebudayaan Islam di Regent's Park London tengah dan Masjid Fazl di barat daya ibukota Inggris yang terdaftar sebagai bangunan kelas II oleh Departemen Kebudayaan Inggris.

Masjid Fazl Southfields sudah terdaftar di Grade II. Masjid tersebut kerap dijadikan tujuan pertama di London. Dibangun pada tahun 1925-1926 dengan dana yang dikumpulkan oleh Komunitas Ahmadiyah di India serta didukung oleh kerja sukarela.

Status khusus itu diberikan hanya kepada 5,8 persen dari sekitar 500 ribu bangunan yang terdaftar di Inggris yang dianggap sebagai situs penting.

"Melalui kemegahan Masjid yang indah, kita tidak hanya memelihara tempat ibadah tapi juga merayakan kekayaan warisan Islam negeri ini," demikian kata Menteri Warisan Inggris, Michael Ellis.

Sekadar informasi, dana untuk membangun Masjid Pusat London dimulai pada tahun 1910 silam, namun lokasinya baru ditetapkan di Regent's Park pada tahun 1940 sebelum selesai pada tahun 1977.

Sedangkan Masjid Fazl yaitu pusat komunitas Islam Ahmadiyah dan menjadi Masjid pertama yang dibangun di London pada tahun 1926. Dari catatan Departemen Warisan Inggris, terdapat sekitar 1.500 Masjid di Inggris.

Sementara itu, Masjid Shah Jahan yang dibangun pada tahun 1889 di Woking, sebelah barat daya London, ditingkatkan menjadi Grade 1, setara dengan Istana Buckingham.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus