KH Ma’ruf Amin Restui Film ‘Cahaya di Langit Hijaz’

Comments 26 Views Views


KH Ma’ruf Amin Restui Film ‘Cahaya di Langit Hijaz’

SIPerubahan – Cerita kehidupan Syekh Nawawi Al Bantani, akan diangkat dalam sebuah film yang berjudul ‘Cahaya di Langit Hijaz’. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin yang juga salah satu keturunan Syekh Nawawi al-Bantani  sudah merestui rencana pembuatan film tersebut.

“Syekh Nawawi Al-Bantani adalah seorang ulama besar di masanya, yang tidak hanya dikenal di nusantara, juga di dunia Islam. Beliau adalah mahaguru ilmu keislaman, dimana banyak ulama terkemuka negeri ini pernah berguru,” tutur KH Ma’ruf Amin.

Tak hanya mempunyai murid yang berpengaruh, Syekh Nawawi juga dikenal sebagai cendekiawan yang produktif. Ada lebih dari 100 kitab yang ditulis dari beragam disiplin ilmu, mulai dari tafsir hingga sejarah. Salah satu yang paling dikenal yaitu Tafsir al Munir li Ma’alim at-Tanzil, yang lebih dikenal dengan judul lainnya, “Marah Labid Tafsir An-Nawawi”. 

Menjadi Penasehat Produksi

“Karena kedalaman pengetahuan dan wawasan keislamannya, Syekh Nawawi ditunjuk gurunya, Syekh Ahmad Khatib Sambas, untuk menggantikannya sebagai Imam Masjidil Haram. Ketika itu sang guru sudah uzur. Dari sinilah ia mulai disapa sebagai Syaikh Nawawi Al Jawi,” ujar Ma’ruf Amin.

Tak hanya memberikan restu, Ma’ruf Amin juga bersedia menjadi penasihat produksi film ini. Rencananya film ini akan diproduksi tahun ini, bekerja sama dengan Max Pictures yang sebelumnya terlibat dalam pembuatan film ‘Dilan 1990’ dan ‘Arini’. (Dbs)

Post a Comments
blog comments powered by Disqus