Ini Tuntutan Ojek Online di Jakarta

Comments 158 Views Views


Ini Tuntutan Ojek Online di Jakarta

SIPerubahan - Ribuan pengemudi ojek berbasis aplikasi menggelar unjuk rasa di depan gedung DPR/MPR, Senayan Jakarta, hari ini, Senin (23/4). Para pengemudi ojek dari Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor, dan Bekasi, mendesak kenaikan tarif yang hingga saat ini belum ada kejelasan dari pemerintah.

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, sebagai provider penyedia jasa Gojek berharap pemerintah dapat memberi jalan keluar terbaik bagi semua pihak.

“ Kami berharap pemerintah dapat memberikan jalan keluar yang konsisten dan sustainable demi keberlangsungan kesejahteraan mitra driver dan juga kenyamanan masyarakat dalam menggunakan layanan aplikasi online,” terang humas Gojek Yoanita, di dalam acara “ Trash for Cash bersama Agung Podomoro Group” di Jakarta, Senin (23/04/2018).

Sementara itu, Koordinator Lapangan Unjuk Rasa Ojek Online, Anggun Wicaksono mengungkapkan, mereka datang untuk menuntut pemerintah agar segera menerbitkan peraturan perundangan. Tujuannya sebagai payung hukum bagi kelangsungan dan profesi ojek online.

"Pengakuan legal eksistensi, peranan, dan fungsi ojek online sebagai bagian dari sistem transportasi nasional," kata ia menambahkan.

Anggun melanjutkan, pengendara ojek online meminta penetapan tarif standar dengan nilai yang wajar yaitu Rp3 ribu sampai dengan Rp4 ribu perkilometer. Tentunya dengan metode subsidi dari perusahaan aplikasi agar tarif bagi penumpang tetap murah dan terjangkau.

"Kemudian perlindungan hukum dan keadilan bagi ojek online sebagai bagian dari tenaga kerja Indonesia yang mandiri," paparnya.

Terakhir para peserta aksi pun berharap Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, dan khususnya para pejabat Komisi V Perhubungan DPR bisa memenuhi permintaan mereka.

"Di dalam melaksanakan pekerjaan ojek online, terdapat berbagai kendala yang terkait dengan tarif manusiawi, perlindungan, dan eksistensi ojek sebagai sarana transportasi penumpang dan barang," kata Anggun menutup pembicaraan.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus