Besok Kamis, Muslim Indonesia Jalani Ibadah Puasa Ramadan

Comments 54 Views Views


Besok Kamis, Muslim Indonesia Jalani Ibadah Puasa Ramadan

SIPerubahan - Pemerintah melalui Kementerian Agama resmi menetapkan 1  Ramadan 1439 Hijriah/ 2018 Masehi jatuh pada Kamis (17/05/2018). Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta Pusat, Selasa (15/05/2018) kemarin.

Usai mendengar pemaparan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pimpinan ormas Islam yang hadir dalam sidang isbat tersebut menyepakati untuk mengistikmalkan (menyempurnakan) bulan Syaban menjadi 30 hari sehingga tanggal 1 Ramadan 1439H jatuh pada Kamis tanggal 17 Mei 2018.

“Dari paparan yang kita simak bersama berdasarkan perhitungan hisab maka ketinggian hilal dinyatakan masih di bawah ufuk berkisar -1 derajat 36 menit sampai dengan 0 derajat 2 menit. Sampai sidang isbat berlangsung ada kesaksian dari 32 daerah, tidak ada satupun yang berhasil melihat hilal. Dengan demikian 1 Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018 kita akan menjalankan ibadah puasa Ramadan,” papar Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin di kantor kemenag Jakarta.

Dia juga menjelaskan, kesepakatan sidang Isbat dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan laporan petugas tersumpah di lapangan yang melihat hilal dari 95 titik.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Juraidi dalam laporan hasil rukyat awal Ramadan menyampaikan, ketinggian hilal di seluruh Tanah Air di bawah ufuk dan laporan petugas dari  31 titik rukyat menyatakan tidak melihat hilal.

Sidang ini sudah mulai digelar sejak pukul 17.00 WIB. Secara keseluruhan sidang isbat ini dihadiri sejumlah pimpinan ormas Islam, MUI, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari 22 negara-negara sahabat dan sejumlah tokoh Islam.

Sebelumnya, Muhammadiyah melalui Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga sudah menetapkan awal Ramadan 1439 H pada Kamis, (17/05/2018).

Post a Comments
blog comments powered by Disqus