Aman Abdurahman Dituntut Hukuman Mati

Comments 41 Views Views


Aman Abdurahman Dituntut Hukuman Mati

SIPerubahan - Jaksa Penutut Umum (JPU) Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menuntut hukuman mati kepada terduga aktor di balik aksi pengeboman di beberapa wilayah Indonesia, Aman Abdurahman.

JPU menilai, Aman Abdurahman merupakan ancaman bagi keamanan, sehingga negara harus menjatuhkan hukuman mati terhadapnya.

Hal-hal yang memberatkan terdakwa menurut JPU yaitu banyaknya korban jiwa dari masyarakat yang tidak berdosa dari perbuatan terdakwa. Perbuatan terdakwa juga menimbulkan kecemasan bagi warga negara Indonesia.

Untuk diketahui, sidang Aman Abdurahman sebenarnya dijadwalkan digelar 11 Mei 2018 lalu, tapi ditunda karena ada kerusuhan di Rumah Tahanan Cabang Salemba Mako Brimob Kelapa Dua, Depok Jawa Barat, pada Selasa (08/05/2018).

Aman dalam perkara iyu didakwa sebagai sebagai aktor intelektual lima kasus teror. Yaitu Bom Gereja Oikumene di Samarinda tahun 2016, Bom Thamrin (2016) dan Bom Kampung Melayu (2017) di Jakarta. Serta dua penembakan polisi di Medan dan Bima (2017).

Aman juga pernah divonis bersalah pada kasus Bom Cimanggis, pada 2010, Densus 88 menjerat Aman atas tuduhan membiayai pelatihan kelompok teror di Jantho, Aceh Besar, kasus yang menjerat puluhan orang, termasuk Abu Bakar Ba'asyir. Dalam kasus itu Aman divonis sembilan tahun penjara. (Dbs)

Post a Comments
blog comments powered by Disqus