Waspada! Hujan Abu di Area Gunung Merapi Yogyakarta

Comments 171 Views Views


Waspada! Hujan Abu di Area Gunung Merapi Yogyakarta

SIPerubahan - Hujan abu akan kembali menghujani sekitar Gunung Merapi, Yogyakarta,  pasca terjadinya lagi letusan freatik pada Senin (21/05/2018) dini hari, sekitar pukul 01.25 WIB.

Kepala Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, letusan kecil berlangsung selama 19 menit dan terpantau setinggi 700 meter dari Pos Babadan.

"Masyarakat untuk tidak panik dan beraktivitas seperti biasa, serta mengantisipasi hujan abu di sekitar Merapi," ujar Sutopo melalui keterangan tertulis, Senin.

Masih dari penuturan Sutopo, aktivitas ini masih membuat status Merapi normal (atau level I). Saat ini, hujan abu tipis sudah terpantau di kawasan Kemiren dan Kaliurang Srumbung yang jauh dari permukiman.

Sutopo kembali menerangkan, meningkatnya aktivitas Merapi belakangan masih membuat gunung itu tertutup untuk pendakian, kecuali guna kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana. Sementara, penduduk lokal di sekitar Merapi terus diminta waspada.

"Merapi saat ini rawan terjadi longsor sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan pendaki. Saat ini hujan juga masih terjadi di seputar Gunung Merapi, untuk itu masyarakat perlu menjaga kewaspadaan terhadap ancaman bahaya lahar," tutup Sutopo. (Sumber: BMKG).

Post a Comments
blog comments powered by Disqus