Kisah 6 Pemain Muda Indonesia yang Pernah Jalani Tes di Klub Elite Eropa

Comments 534 Views Views


Kisah 6 Pemain Muda Indonesia yang Pernah Jalani Tes di Klub Elite Eropa

SIPerubahan – Selain memiliki bakat di atas rata-rata pesepakbola lainnya, enam pemain muda Indonesia ini pernah menjalani latihan dan tes medis di beberapa klub Eropa. Siapa saja mereka?

Evan Dimas

Di bulan Agustus tahun 2015, perhatian masyarakat Indonesia tertuju pada satu pemain yaitu Evan Dimas. Alasannya, pemain asal Surabaya itu dikabarkan akan menjalani program trial bersama klub divisi dua Spanyol, Unio Esportiva Llagostera.

Namun sayang, Evan gagal mendapatkan kontrak yang diinginkannya. Hal itu disebabkan, nutrisi dan kurangnya latihan beban, serta terkait dengan teknik dasar. Seperti yang diungkap oleh Arif, sosok yang menjembatani Evan kembali ke Spanyol di tahun 2016. Evan kembali menuju Spanyol untuk menjalani program latihan bersama Espanyol B.

Nicholas Pambudi

Nicholas Pambudi merupakan anak dari Hernoto Teguh Pambudi dan jebolan dari Soccer School Indonesia (SSI) Arsenal yang terletak di Tangerang. Dirinya juga pernah tergabung dalam tim JFA pada tahun 2011/12.

Sejak berusia 12 tahun, pemuda yang biasa disapa Nicho tersebut hijrah ke Spanyol guna mendapatkan pembelajaran lebih mendalam tentang sepakbola. Tahun lalu, ia juga ikut serta dalam seleksi di Belanda, Nicho juga terpilih sebagai 12 Best Players U-19.

Tahun lalu Nico berada di salah satu akademi sepakbola di Barcelona, Marcet Fundacion. Ia juga sempat dipanggil pulang oleh Indra Sjafri guna mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19.

Saat ini dirinya dikabarkan akan bergabung dengan klub asal Yunani yakni Aris Thessaloniki FC. Dalam waktu dekat klub legendaris Yunani itu akan memperkenalkan bek berusia 18 tahun tersebut.

Rendy Juliansyah

Striker Timnas Indonesia U-16, Rendy Juliansyah, tengah menjalani trial bersama klub kasta kedua Liga Belanda, Almre City. Almere adalah klub yang pernah dihuni oleh Ezra Walian dan Stefano Lilipaly, dua pemain naturalisasi Indonesia.

Kabar terbaru bahwa Rendy akan menjalani kariernya yang masih sangat dini ini di Jepang. Rendy rencananya akan bergabung dengan akademi sepakbola di Negeri Sakura, Aomori Yamada.

Dio Permana

Pesepakbola berbakat asal Persema Dio Permana mempunyai masa depan cerah. Pemain yang juga masuk dalam skuad Timnas U-23 SEA Games 2013 tersebut akan menjalani tes di SC Heerenveen, salah satu klub yang bermain di Eredivisie.

Rencana tes ini diungkapkan CEO Persema Didied Poernawan Affandy. Didied menjelaskan, sudah sejak lama pemain ini menjadi incaran talent scouting (pemandu bakat) dari luar negeri. Kebetulan sekali, Pelatih Persema Slave Radovski punya kenalan dengan talent scouting dari tim yang kini dilatih Marco van Basten tersebut.

Revalino Utrech Collin Manibor

Pemain asal Papua, Revalino pada tahun 2016 dilaporkan menjalani masa percobaan bersama klub asal Spanyol, Valencia. Revalino yang merupakan anak dari Bupati Sarmi, Mesak Manibor, memperoleh kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya sekaligus menimba ilmu di Spanyol selama satu tahun.

Sang ayah bahkan mengaku mendapatkan telepon langsung dari Presiden Klub Valencia. Kabarnya, Valencia menemukan bakat Revalino ketika klub Reliv Christa [klub Revalino kala itu] melakukan tur ke Belanda. 

Egy Maulana Vikry

Egy Maulana Vikri masuk ke dalam 60 remaja terbaik di dunia yang disusun media berbasis di London dalam kelompok Next Generation 2017. Daftar tersebut berisi para pesepakbola yang kini berusia 17 tahun atau lahir pada tahun 2000.

Egy dimasukkan setara dengan pemain remaja lain yang menjadi milik klub-klub top Eropa. Cita-cita Egy Maulana Vikri untuk merumput di kompetisi Eropa kian menuju kenyataan. Setelah melakukan negosiasi di sejumlah klub Benua Biru, winger berusia 17 tahun itu mendekat ke salah satu klub Liga 1 Perancis.

Egy didampingi agennya, Dusan Bogdanovic, dan ayah angkatnya Subagdja Suihan, telah mengunjungi sejumlah klub Eropa, termasuk Spanyol, Jerman, Italia, dan Perancis. Terakhir, Egy justru mendekat ke salah satu klub Liga 1 Perancis. Namun, ia meminta pihak media untuk merahasiakan identitas klub yang tertarik menampungnya.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus