Helm Baru Valentino Rossi Guncang Dunia Fisika, Ada Apa?

Comments 107 Views Views


Helm Baru Valentino Rossi Guncang Dunia Fisika, Ada Apa?

SIPerubahan - Pebalap Valentino Rossi sukses mengamankan podium terakhir di MotoGP Qatar. Rossi mampu meraihnya usai dikejar pebalap tangguh di dalam lintasan balap.

Rider Movistar Yamaha tersebut menyelesaikan balapan pembuka musim di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (19/03/2018), dengan berada di posisi ketiga setelah Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati) yang menempati posisi pertama serta peringkat kedua. Namun dibalik kesuksesan Rossi, ada cerita menarik mengiringinya.

Ya, Helm Rossi untuk MotoGP 2018 yang berdesain klasik ternyata bikin geger para ilmuwan. Peneliti mengungkapkan, bahwa helm Rossi merupakan sebuah penemuan yang akan mengguncang ilmu fisika.

Ilmuwan antariksa, bisa menemukan rumus baru karena helm AGV kuning cerah milik juara dunia sembilan kali itu. Rumus baru itu yaitu rumus waktu dengan teori jam atom.

Tim peneliti menemukan hal itu dari desain helm Valentino Rossi yang menyatukan desain matahari dan bulan. Desain helm Rossi kali ini berkesan retro yang sengaja dirancang seperti tampilan klasik Formula 1 era 70 hingga 80-an.

Motif bulan dan matahari ini punya filosofi sebuah keseimbangan. Menurut Rossi, desain helm ini pun agar bisa berbeda setiap tahunnya. Serta agar lebih mudah dikenali di ajang balapan.

Sekadar informasi selama ini pengukuran jam paling akurat yaitu dengan menggunakan jam atom cesium. Getaran atom cesium-133 disebut lebih akurat satu detik dalam 138 juta tahun.

NASA rencananya menggantikan jam itu dengan menemukan metode pengukuran waktu yang jauh lebih akurat. Dan itu mereka lakukan setelah melihat desain helm Rossi.

Kini, desain baru helm Rossi bisa menjadi referensi untuk menemukan rumus menentukan keakuratan waktu dibanding jam atom. Namun sayang, belum dijelaskan lagi maksudnya seperti apa, tapi mari kita tunggu hasilnya kemudian guys.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus