Persija Jakarta Permalukan Klub Elit Malaysia di Piala AFC

Comments 233 Views Views


Persija Jakarta Permalukan Klub Elit Malaysia di Piala AFC

SIPerubahan – Laga hidup mati di grup H Piala AFC antara Persija Jakarta menghadapi klub elit Malaysia Johor Darul Ta’zim (JDT) berhasil dimenangi oleh Macan Kemayoran. Striker Persija, Marko Simic menjadi pahlawan malam ini usai mencatatkan empat gol ke gawang The Southern Tigers.

Menjadi tuan rumah di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Persija mendapatkan dukungan penuh dari para pendukungnya yang berharap timnya mampu balas dendam akibat kekalahan di pertemuan pertama.

Riko Simanjuntak menjadi momok berbahaya dari sisi kanan pertahanan JDT. Hal itu terbukti ketika dirinya berasil lolos dari jebakan offside di menit delapan setelah menerima sodoran Ismed Sofyan. Umpan lambungnya ke sisi tengah sukses dimanfaatkan oleh Marko Simic menjadi gol.

Tak berselang, bagi anak asuh Stefano Cugurra untuk menggandakan kedudukan. Kali ini asis Rezaldi Hehanusa dari situasi bola mati di sisi kiri serangan berhasil dikonversi menjadi gol oleh Simic untuk kedua kalinya. Tandukan tajamnya menghempas sisi kanan kiper Izham Tarmizi.

Babak pertama nampaknya akan berakhir lebih cepat ketika penyerang asal Kroasia tersebut mencetak quattrick ke gawang wakil Malaysia. Riko menjadi kreator serangan di sisi kanan dan berhasil memberikan bola kepada Ramdhani Lestaluhu yang berhasil membongkar pertahanan. Ramdhani kemudian meneruskan bola kepada Simic yang melepaskan diri dari pertahanan. Ia menceploskan bola umpan tarik itu tanpa mampu dihalau penjaga gawang asal Malaysia.

JDT melakukan perubahan strategi di babak kedua, termasuk memasukkan Safiq Rahim di lini serang. Namun, kokohnya lini tengah Macan Kemayoran berhasil membendung aliran bola dari lini kedua.

Rohit Chand yang mengawal lini tengah yang sukses membuat serangan balik yang membahayakan gawang Tarmizi. Upaya Chand menendang bola dari luar kotak penalti di menit 59 masih melambung sedikit di atas mistar gawang.

Di setengah jam akhir, anak asuh Raul Longhi mulai memberikan tekanan terus-menerus ke daerah pertahanan Andritany Ardhiyasa. Justru Riko Simanjuntak di menit 75 yang hampir menambah keunggulan. Memanfaatkan kesalahan Hariss Harun, ia berhasil menyisir sisi kanan. Namun, penyelesaian akhirnya masih diamankan kiper lawan.

Menjelang babak kedua usai, penderitaan JDT semakin lengkap setelah Adam Nor mendapatkan kartu merah (kartu kuning kedua). Simic melengkapi gol keempatnya di menit 86, setelah sebelumnya Riko dilanggar Azrif Nazrulhaq di dalam kotak penalti. Tendangan keras penalti Simic sebenarnya dapat dibaca, tapi kencangnya bola tak bisa digagalkan kiper.

Persija menang besar 4-0 atas JDT dan berhak sementara berada di puncak klasemen bersama Song Lam Nghe An dengan 10 poin. Sedangkan, JDT tetap berada di posisi tiga dengan tujuh angka. (Foto: Kompas)

Post a Comments
blog comments powered by Disqus