Hadapi Klub Singapura di Semifinal AFC, Persija Siap Cetak Sejarah

Comments 222 Views Views


Hadapi Klub Singapura di Semifinal AFC, Persija Siap Cetak Sejarah

SIPerubahan - Persija Jakarta menjadi satu-satunya klub Indonesia yang masih mewakili Indonesia di ajang AFC Cup 2018 yang merupakan sebuah turnamen sepakbola kasta kedua di Asia. Setelah mampu lolos dari babak penyisihan grup, Persija saat ini ditantang oleh klub wakil Singapura Home United.

Persiapan pun sudah dilakukan dengan maksimal oleh staf pelatih Persija. PSSI selaku induk sepakbola Indonesia pun turut mendukung langkah Persija untuk mengharumkan sepakbola Tanah Air di turnamen bergengsi di Asia ini, dengan menunda beberapa jadwal pertandingan yang dilakoni Persija. Hal tersebut dilakukan agar, para pemain Persija dapat fit dan dalam kondisi bugar ketika berhadapan dengan tim-tim lawan mereka.

Gelandang Persija Rohit Chand pun tidak mau meremehkan Home United dalam laga leg pertama semifinal Piala AFC 2018 zona Asia Tenggara (ASEAN), besok Selasa (08/05/2018). Menurut Chand, laga di Stadion Jalan Besar Singapura itu tidak akan berjalan mudah bagi tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Apalagi, Home United melaju ke semifinal zona Asia Tenggara juga berstatus sebagai juara grup, persis sama seperti Persija. Home United memuncaki Grup F dengan torehan 13 poin, pencapaian yang menyamai Persija sebagai juara Grup H.

"Saya rasa ini tak akan mudah, tapi kami siap bermain di laga ini. Kami memang tengah percaya diri, namun kami tidak mau menganggap remeh mereka karena mereka tim kuat,” ujar Rohit melalui rilis yang diterima hari ini Senin (07/05/2018).

Terpisah, striker Persija Marko Simic mengaku siap untuk menjawab tantangan saat membela timnya melawan Tampines Rovers. Tugas Simic sangat berat dalam laga yang digelar pada pukul 19.00 WIB tersebut. Alasannya, Simic dkk harus bermain di lapangan berjenis rumput sintetis yang dimana tidak pernah dirasakan Persija saat berlaga di Liga 1 2018.

Meski begitu, Simic menegaskan bahwa bermain di lapangan berjenis rumput sintetis bukan perkara yang sulit. Sebab, pemain asal Kroasia itu menegaskan sudah pernah bermain di lapangan rumput sintetis. "Saya pernah main di lapangan sintetis beberapa tahun lalu. Tentu beda saat bermain di lapangan biasa. Tapi saya pikir tidak masalah bermain di sintetis," beber mantan pemain Melaka United tersebut.

Sekedar diketahui, Persija terpaksa harus tampil tanpa penjaga gawang utamanya, Andritany Ardhiyasa. Andritany harus absen dalam waktu lama akibat cedera parah yang diterimanya saat membela Timnas Indonesia di ajang Anniversary Cup.

Dengan demikian, Persija hanya bisa mengandalkan Rizky Darmawan atau Daryono untuk mengawal gawang. Pelatih Persija Stefano Cugurra Rodrigues (alias Teco), tak merasakan kegusaran sedikit pun ketika harus main tanpa Andritany.

Menurut Teco, kualitas Rizky maupun Daryono sebenarnya tak kalah dari Andritany. Terlebih, ada motivasi khusus dari keduanya yang bisa mendongkrak performa di laga kontra Home United.

"Keduanya punya semangat untuk membuktikan diri. Mereka sudah menunggu lama untuk mendapatkan kesempatan bermain," kata Teco.

Boleh dikatakan pertandingan Home United di Stadion Jalan Besar, Singapura, menjadi langkah awal Persija menentukan nasib dalam ajang AFC Cup. Asal tak kalah, Persija berpeluang besar untuk lolos ke fase selanjutnya.

Keberuntungan Persija dikarenakan, leg 2 akan digelar di Tanah Air. Posisi kiper pastinya akan sangat penting bagi Persija. Mereka dituntut untuk bisa bermain apik agar tak kebobolan satu gol pun. Artinya, beban berat akan dipikul Rizky dan Daryono.

Post a Comments
blog comments powered by Disqus