Tips Travelling ke Asia Tenggara Dengan Budget Minimalis

Comments 115 Views Views


Tips Travelling ke Asia Tenggara Dengan Budget Minimalis

Berjalan-jalan ke luar negeri biasanya identik dengan biaya tinggi. Namun, bagi kamu yang mempunyai budget minim bisa memulai menjelajah negara-negara Asia Tenggara terlebih dahulu. 

Malaysia, Singapura, Thailand, dan Kamboja adalah negara-negara Asia Tenggara yang memiliki destinasi menarik, murah, dan kuliner yang hampir mirip dengan Indonesia. Berikut tips traveling ke Asia Tenggara buat kamu dengan budget minimalis. 

1. Jadikan travelingmu sebagai wisata kuliner makana  khas Asia Tenggara. Makanan yang paling dihargai bukanlah yang kamu temukan di restoran mahal berbintang lima, melainkan makanan yang mudah bisa kamu dapatkan di jalanan. Daerah ini penuh dengan jajanan jalanan yang dijual di berbagai foodcourt, pasar malam, bahkan kafe pinggir jalan.

Hanya dengan 10,000 IDR, kamu bisa mencoba banyak makanan lokal seperti Penang Laksa atau makanan khas Thailand, Tom Yum. Tidak hanya murah, jajanan jalanan juga merupakan cara terbaik untuk mengetahui budaya makan orang lokal. Saat backpacking keliling Asia Tenggara, pastinya makan jajanan jalanan tidak boleh kamu lewatkan!

2.  Menginap di hostel
Tips untuk backpacking yang satu ini pasti sering kamu dengar. Yup, menginap di hostel merupakan cara terbaik untuk menghemat biaya akomodasi. Lagian saat kamu sedang di luar negeri, kebanyakan waktumu akan kamu habiskan untuk jalan-jalan keliling kota yang kamu kunjungi. Selain murah, kamu bisa bertemu dengan backpacker lainnya di hostel dan mungkin mendapatkan tips-tips lain untuk berlibur hemat.

Sebelum memesan hostel, pastikan kamu memeriksa review yang sudah diberikan para traveller lainnya untuk hostel itu. Banyak sekali hostel yang mendapatkan banyak pengakuan dari kalangan backpacker jadi dengan sedikit pencarian online kamu pasti akan bisa mendapatkan hostel yang paling tepat untuk perjalananmu.

3.  Jalan kaki sebagai metode transportasi terbaikmu.
Satu kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat sedang backpacking ke negara lain adalah untuk menggunakan taxi atau bus meskipun destinasi yang ingin dikunjungi bisa dicapai dengan jalan kaki. Apalagi kalau kamu mengunjungi kota-kota besar seperti Singapura dan Kuala Lumpur dimana banyak atraksinya sebenarnya berdekatan satu dengan lainnya.

Tidak perlu dijelaskan lagi kan, jalan kaki memang mode transportasi paling murah karena gratis.

4. Cari aktivitas gratis
Cara terbaik untuk menghemat selama travelling adalah untuk mencari atraksi-atraksi atau aktivitas yang bisa kamu kunjungi dan lakukan secara cuma-cuma. Beberapa ide termasuk untuk mendaki gunung di Laos atau jalan-jalan di bagian terbuka dari Gardens by the Bay Singapura. Beberapa tempat seperti di Malaysia bahkan menawarkan tur jalan gratis!

5. Berinteraksi dengan warga lokal
Kalau kamu ingin mempelajari budaya lokal negara yang kamu sedang kunjungi, cara paling tepat untuk melakukannya adalah dengan bertanya secara langsung ke warga lokal. Dari pengalaman, banyak warga lokal sangat ramah dan ada beberapa yang bahkan akan merekomendasikan tempat wajib kunjung negara mereka. Sebelum keberangkatanmu, pastikan kamu mempelajari beberapa frasa bahasa lokal atau siapkan Google Translate untuk membantumu.

6. Selalu tawar harga 
Salah satu bagian dari backpacking di Asia Tenggara adalah menawar saat belanja di pasar lokal. Gunakan semua keahlian menawar yang sudah kamu dapatkan dari Indonesia dan dapatkan barang yang kamu inginkan dengan lebih dari setengah harga aslinya.

Dengan tips untuk backpacking trip di Asia Tenggara ini, pasti kamu akan menghemat banyak dan mendapatkan pengalaman yang tidak bisa kamu lupakan!

 

 

foto: Nichealeia

Post a Comments
blog comments powered by Disqus