5 Tips Agar Liburan Jadi Lebih Bermakna

Comments 129 Views Views


5 Tips Agar Liburan Jadi Lebih Bermakna

Sering menyesal karena waktu libur terasa cepat berakhir? Mungkin salah satu alasannya karena kegiatan liburan dilakukan terlalu terencana. Jangan lakukan kesalahan yang sama. Berikut ini ada lima tips agar waktu libur jadi lebih bermakna:

1. Kerja sosial

Melakukan kegiatan amal bukan hanya memberikan sesuatu dalam bentuk uang atau barang. Meluangkan waktu dan tenaga untuk mengajar atau melestarikan lingkungan juga termasuk sebagai kegiatan terpuji tersebut. 

Kerja sosial didestinasi wisata bisa jadi pilihannya, seperti yang bisa dilakukan bersama kelompok Indonesia Mengajar, Taman Bacaan Pelangi, Jakarta Animal Aid Network, Yayasan Widya Sari, Sahabat Anak, OFI, Bali Sea Turtle Rescue sampai Sumatra Rainforest Institute. 

2. Lupakan urusan kantor

Selesaikanlah urusan kantor sebelum pergi berlibur, agar punya alasan tepat untuk tak menjawab telepon, pesan pendek, atau e-mail dari teman kantor saat sedang bersantai. 

Jangan merasa bersalah saat melakukannya, karena libur adalah hak semua tenaga kerja.

3. Di luar ruang

Waktu libur memang paling pas untuk berdiam diri di kamar sambil makan camilan, membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film. Jika cuaca sedang cerah, sempatkanlah berkegiatan di luar ruang, sekadar ke minimarket atau menyiram tanaman, agar jasmani dan rohani menjadi lebih segar. 
Waktu yang pas untuk melakukannya ialah pada pukul 9 pagi atau pukul 4 sore. 

4. Kunjungi kerabat lama

Selain keluarga dan teman, jangan lupa mengunjungi kerabat yang sudah lama tidak bertemu, misalnya teman sekolah atau teman di kantor lama. Saat bertemu, tentu saja perbincangannya jadi tak membosankan karena banyak hal baru yang diketahui.

5. Lakukan spontan
Liburan yang paling menyenangkan ialah liburan yang dilakukan tanpa rencana alias spontan. Sebuah studi mengungkapkan kalau orang yang melakukan liburan secara spontan dan mandiri terbilang lebih bahagia dibandingkan dengan yang melakukannya secara terencana dan bersama orang lain. Cara berpikir seperti ini membuat liburan terasa bukan seperti waktu kerja yang butuh kedisiplinan. 

Tak punya rencana ke mana-mana? Silakan bermalas-malasan di rumah karena tak ada yang melarang.

 

 

Sumber: CNN Indonesia

foto: travelingyuk.com

Post a Comments
blog comments powered by Disqus